Jumat, 08 Februari 2013

PROPOSAL ADOBE FLASH CS3


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3

BAB I PENDAHULUAN
 1.1 . LATAR BELAKANG MASALAH          Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi pendidikan dalam proses belajar mengajar. bidang pengajaran secara umum sedikit banyaknya terpengaruh oleh adanya perkembangan dan penemuan-penemuan dalam bidang keterampilan, ilmu dan teknologi. Pengaruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya-upaya pembaharuan sistem pendidikan dan pembelajaran.Upaya pembaharuan itu menyentuh bukan hanya sarana fisik/fasilitas pendidikan, tetapi juga sarana nonfisik seperti pengembangan kualitas tenaga kependidikan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, cara kerja inovatif, serta sikap yang positif terhadap tugas-tugas kependidikan yang diembannya.          Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia perlu diimplementasikan dilingkungan pendidikan, penggunaan media pembelajaran yang berbasis multimedia bukan hal yang baru, walaupun masih sebagian kalangan yang dapat mengembangkan media berbasis multimedia, baik dengan program Microsoft Power Point, atau program penghasil produk media pembelajaran berbasis multimedia lainnya.          Berdasarkan penelitian tersebut, maka experiental learning harus tetap diutamakan. Namun, ada kalanya kegiatan belajar mengajar dihadapkan pada suatu materi yang membutuhkan waktu terlalu lama atau media/alat bantu pengajaran yang kurang praktis, dan kurang menarik perhatian siswa. Pada saat seperti inilah diperlukan media pengajaran, salah satunya adalah pembelajaran dengan berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash CS3.         Guru sendiri dapat mempelajari berbagai software untuk membuat media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswanya. Salah satu software yang dapat membuat berbagai media seperti animasi, gambar, suara dan sebagainya adalah Adobe Flash CS3. Adobe Flash CS3 merupakan software (perangkat lunak) yang tidak hanya mampu menciptakan animasi yang menarik, tapi juga lebih interaktif, sehingga wajarlah bila Adobe Flash CS3 dapat menjadi salah satu solusi yang yang layak diperhitungkan. Selain itu pemilihan media yang tepat juga sangat memberikan peranan dalam pembelajaran. Dahulu anggapan bahwa fasilitator/ pengajar adalah orang yang paling tahu, sehingga menjadi sumber utama dan mutlak dalam proses belajar. Paradigma itu berkembang menjadi fasilitator/pengajar lebih tahu dahulu. Sekarang bukan saja pengetahuan pengajar bisa sama dengan murid biar lebih dulu tahu dari pengajar. Saat ini pengajar bukanlah satu-satunya sumber belajar. Itu semua dapat terjadi akibat perkembangan media informasi disekitar kita. Siswa dapat lebih dahulu mengakses informasi dari media massa seperti surat kabar, televisi, bahkan internet. Seorang pengajar yang mempunyai rasa percaya diri berlebihan (over confidence) barangkali akan berpegang anggapan kepada anggapan bahwa sampai kapanpun posisi pengajar tidak akan tergantikan. Dalam proses pembelajaran dapat diperlukan sentuhan manusiawi. Tekhnologi tidak bisa menggantikan manusia. Bagaimanapun tekhnologi berkembang, pengajar tetap berperan menyampaikan pesanm harus digugu dan ditiru.        Berdasarkan pemikiran diatas peneliti bermaksud mengadakan pengembangan media pembelajaran multimedia dengan mengunakan Adobe Flash CS3
1.2 . RUMUSAN MASALAH      Agar lebih fokus, permasalahan dalam penelitian adalah sebagai berikut: Bagaimana mengembangkan media pembelajaran multimedia dengan menggunakan Adobe Flash CS3 yang valid, praktis dan efektif? 1.3 . TUJUAN PENELITIANTujuan penelitian ini adalah ; Mendapatkan media pembelajaran multimedia dengan program Adobe Flash Cs3 dalam bentuk Compact Disc (CD) yang valid, praktis, dan efektif. 1.4 . MANFAAT PENELITIANManfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. Bagi siswa a. Diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam belajar Adobe Flash CS3 b. Diharapkan siswa mampu memahami materi matematika lebih baik dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis multimedia dibandingkan dengan media pembelajaran lain. 2. Bagi Guru ; sebagai motivasi untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia dengan menggunakan Adobe Flash CS3. 3. Bagi sekolah ; sebagai masukan dalam usaha memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan. 4. Bagi peneliti : sebagai bahan referensi tentang bagaimana mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan adobe Flash CS3 dengan memiliki pengetahuan yang cukup dengan membuat animasi-animasi.BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Keunggulan dan Fungsi            Adapun keunggulan dan fungsi dari produk atau profile yang dibuat adalah sebagai berikut:
2.1.1 Pembuatan animasi atau media pembelajaran mengunakan adobe flash cs32.1.2 dapat digunakan untuk mempresentasikan hasil tugas siswa
            2.1.3 Dijelaskan secara rinci tentang softwer Adobe flash cs3
2.2 Bahan
NO
Nama Bahan
Spesifikasi
Satuan
Satuan
1.
Operating System
Windows 7
Buah
1
2.
SW Digital image
Adobe Photoshop
Buah
1
3.
SW Digital vektor
Adobe Flash CS3
Buah
1

2.3 Fasilitas dan Peralatan
No
Nama Alat
Spesifikasi
jumlah
Pemilik
1
Computer
·      Intel Pentim 4
·      RAM 2 GB
·      VGA min 16 MB
·      CD-ROM.CD-R
·      Hard Disk 40Gbyte
·      Monitor
·      Keyboard
·      Mouse
·      UPS/Stavolt
1 unit
Sekolah
7
Headphone

1 buah


2.4 PROSES PRODUKSI (SISTEMATIKA KERJA)      2.1.1    Pre Produksi
                        2.4.1.1 Membuat animasi berbasis vector dan membuad media pembelajaran
                        2.4.1.2 Mengumpulkan bahan pembuatan produk      2.4.2    Proses Produksi                        2.4.2.1 Menjalankan softwere adobe flash cs3
                        2.4.2.2 Editing Obyek                        2.4.2.3 Efek Pada Obyek (Timeline)
                        2.4.2.4 Dubbing Suara (Narasi)    
       2.4.3   Pra Produksi
                        2.4.3.1 Membuat media interaktif menggunakann flash cs3
                        2.4.3.2 Membuat Laporan                        2.4.3.3 Presentasi2.5 RENCANA ANGGARAN BIAYA      2.5.1 Perkiraan Biaya
No
Keterangan
Jumlah
Satuan
Harga
Satuan (Rp)
Jumlah
1
Harga Bahan:
Ø PC core i3
Ø CD blank

Ø Cover CD

1
1
1

Buah
Buah
Buah

1.500.000,-
3.500,-
1.500,-

1.500.000,-
3.500,-
1.500,-
2
Biaya:
Ø Desain Produk

Ø Transportasi

Ø konsumsi










50.000,-
30.000,-

30.000,-


50.000,-
30.000,-

30.000.-

3
Total



1.615.000,-
    
      2.5.2 Sasaran Pengguna            2.5.2.1 Siswa-siswi SMP/SMK/SMA
            2.5.2.2 Yayasan pendidikan
2.6 JADWAL PELAKSANAAN
No
Kegiatan

Keterangan



1
Perencanaan Produk




2
Perencanaan Proses




3
Penyusunan Dokumentasi




4
Membangun Prototipe (Story Board)




5
Pembiayaan Hari




6
Instalasi Software




7
Pengintegrasian software




10
Editing




11
Export video




12
Packing ke dalam CD Autoran




13
Desain Cover






BAB IIIPENUTUP3.1 Kesimpulan
         Dengan Pembuatan animasi berbasis vector atau media pembelajaran ini dapat membantu siswa-siswi untuk mengetahui  tentang media pembelajaran dengan menggunakan adobe Flash CS3 .Dan semoga dengan pembuatan animasi berbasis vector atau media pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi SISWA-SISWI .
3.2 Saran         Dalam pembuatan animasi berbasis vector atau media pembelajaran ini mungkin belum sesempurna yang diinginkan maka,apabila ada kritik dan saran yang dapat membangun kami untuk bias membuat yang lebih baik dari ini saya sangat berterima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar